Qurban Bersama Keluarga Besar Balai Litbang Agama Jakarta
  • 11 Juli 2022
  • 599x Dilihat
  • Berita

Qurban Bersama Keluarga Besar Balai Litbang Agama Jakarta

Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H jatuh pada hari Minggu, 10 Juli 2022. Perayaan Idul Adha tahun ini masih dalam kondisi di tengah peningkatan jumlah penderita wabah virus Covid-19 dan pengaturan terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)  Covid-19 level 1, oleh Pemda DKI Jakarta.

Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat untuk menjalankan ibadah. Pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta (Balai Litbang Agama Jakarta) yang terdiri dari Pegawai dan Karyawan ikut andil dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Hari Raya Idul Adha ini tidak terlepas dari peristiwa antara Nabi Ibrahim AS dan anaknya Ismail AS, bahwa makna yang tersirat pada nama (hari raya Qurban), maka umat Islam diperintahkan untuk berkurban yaitu menyembelih binatang ternak seperti lembu atau kambing dengan niat ibadah kepada Allah SWT. Daging binatang kurban tersebut diberikan kepada kaum fakir-miskin dan kaum dhu’afa lainnya. Mengingat pentingnya menjalankan syariat Islam tentang kurban di atas dan untuk mempertajam keperdulian sosial.

Pada hari Senin 11 Juli 2022  jam 10:11 WIB, Balai Litbang Agama Jakarta melaksanakan pemotongan hewan qurban di lingkungan kantor yang beralamat di jalan Rawa Kuning Jakarta Timur dengan jumlah hewan qurban 2 ekor kambing juga melaksanakan pemotongan hewan kurban dengan tetap menjalankan protokol kesehatan khususnya hewan qurban dikarenakan banyak hewan qurban (kambing) yang terkena penyakit mulut dan kuku. pelaksanaan pemotongan hewan kurban di kantor BLA Jakarta dilaksanakan langsung di tempat pembelian dan pemotongan hewan.

Daging kurban yang sudah di potong-potong di bawa ke kantor untuk di masak bersama, setelah semua masakan matang, di santap bersama, suasana keakraban dan kekeluargaan keluarga besar Balai Litbang Agama Jakarta terlihat cukup meriah hal ini tidak lepas dari bimbingan dan arahan juga peran pimpinan Balai Litbang Agama Jakarta yaitu Dr. H. Samidi, M.Si sebagai Kepala Balai Litbang Agama Jakarta dan juga Kasubbag Tata Usaha Hery Susanto, M.AP.  serta tak lupa kekompakan dari pegawai dan karyawan.