Penandatanganan Kerjasama Antara Jurnal Penamas Dengan Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies (IJIMS) IAIN Salatiga
  • 15 Maret 2022
  • 226x Dilihat
  • Berita

Penandatanganan Kerjasama Antara Jurnal Penamas Dengan Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies (IJIMS) IAIN Salatiga

Salatiga-BLAJ. Jurnal Penamas yang dikelola Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta (BLAJ) berupaya terus untuk meningkatkan kualitas jurnal menuju terindeksasi bereputasi global. Salah satu kegiatan  agar tujuan tersebut bisa tercapai  adalah dengan melakukan benchmarking  atau studi banding ke jurnal-jurnal yang sudah terindeksasi global. Melalui benchmarking ini diharapkan pengelola jurnal Penamas mendapatkan  pandangan baru terhadap praktik-praktik standar pengelolaan jurnal, bisa mengidentifikasi tujuan-tujuan keunggulan yang ada di jurnal, serta mampu melakukan perbaikan dan terobosan-terobosan baru agar terindek global. 

Pada  Juma’at (10/3) lalu, jurnal Penamas melakukan kegiatan  benchmarking  ke Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies (IJIMS) yang dikelola Program Pascasarjana IAIN Salatiga Jawa Tengah. Dipilihnya IJIMS sebagai tempat “menimba ilmu" tim pengelola jurnal Penamas, karena jurnal ini berhasil menjadi jurnal pertama dari Indonesia yang menembus Q1 pada 31 Mei 2019 dan berhasil menduduki peringkat ketiga jurnal terbaik di Asia versi SJR untuk bidang religious studies dengan SJR 0.174. Selain itu, IJIMS juga berhasil mengantar IAIN Salatiga mendapatkan penghargaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Terbaik Bidang Penelitian dan Publikasi Ilmiah dalam Pengelolaan Jurnal Internasional 2019 dari Kementerian Agama RI serta mendapat penghargaan sebagai jurnal bereputasi internasional The Best Quartile 1 (Q1) pada ajang Biannual Conference on Research Result (BCRR) 2019.  

Selain benchmarking,  dilakukan pula perjanjian nota kesepahaman (memorandum of understanding) dan perjanjian kerjasama (PKS) antara jurnal Penamas dengan IJIMS untuk pendampingan pengelolaan  jurnal. Perjanjian kerjasama ini di tandatangani Plt. Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta Susari dan  Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Salatiga M.Irfan Helmy. Hadir pula dalam kegiatan ini  Wakil Rektor IAIN Salatiga Agus Waluyo, Dekan Fakultas Dakwah Mukti Ali, dan  Editor Jurnal IJIMS Noor Malihah. Sedangkan dari tim jurnal Penamas hadir Chief Editor Reza Perwira, Section Editor Saimroh dan Zakiah.

Dalam sambutannya, Kepala BLAJ Susari mengatakan kegiatan ini selain untuk meningkatkan mutu jurnal juga penguatan sinergitas dalam pengembangan karya tulis ilmiah. “Di Jakarta ada dua jurnal yaitu jurnal Penamas dan jurnal Wawasan yang tahun ini akan terakreditasi. Kami melihat  IAIN Salatiga  punya potensi yang luar biasa dalam pengelolaan jurnal dan kami perlu belajar. Rencananya kami  juga akan mengadakan symposium tentang moderasi beragama. Symposium ini bisa menjadi salah satu cara untuk menjaring artikel- artikel untuk jurnal. Semoga IAIN Salatiga bisa terlibat dalam kegiatan tersebut,” tutur Susari.

Wakil Rektor IAIN Salatiga Agus Waluyo menyambut baik kerjasama antara BLAJ dan IAIN Salatiga dalam pengelolaan jurnal ilmiah. Menurutnya ini bagian dari komitmen perguruan tinggi, Tri Darma, aspek penelitian. Penelitian di perguruan tinggi dan balai litbang saling bersinggungan, misalnya moderasi beragama. Jadi bisa didekatkan antara IAIN dan BLAJ. “Jurnal menjadi pintu masuk untuk kerjasama antara IAIN Salatiga dengan Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta. Kita bisa saling belajar dan bekerja sama dalam hal bagaimana langkah taktis dan praktis yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas kedua jurnal tersebut,” jelas Agus Waluyo. (Teks/foto: Aris W Nuraharjo)