Kemenag Bintan Terima Kunjungan Balai Litbang Agama Jakarta
  • BLA Jakarta
  • 5 April 2023
  • 218x Dilihat
  • Berita

Kemenag Bintan Terima Kunjungan Balai Litbang Agama Jakarta

KBRN, Bintan: Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan menerima kunjungan tim peneliti Balai Litbang Agama Jakarta. Salah satu Tim Peneliti Balai Litbang Agama Reza Perwira mengatakan tujuannya ke Bintan dalam rangka melakukan observasi penjajakan penguatan harmonisasi dan kerukunan ummat beragama di Provinsi Kepulauan Riau.

Reza mengatakan untuk melakukan observasi di Kepulauan Riau tentunya harus mempelajari lebih jauh sejarah Kepulauan Riau yang salah satu pusatnya di Bintan.

“Kita akan mengobservasi kondisi kerukunan di Bintan mulai dari sejarah di Bintan dan seterusnya sampai observasi ke Makam Bukit Batu yang ada di Bintan,” kata Reza dalam keterangan rilis yang diterima Rabu (5/4/2023)

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Bintan  Erman Zaruddin menjelaskan sejarah kerukunan umat beragama di Kepulauan Riau merupakan sejarah panjang perjalanan bangsa. Bahkan sebelum bangsa ini berdiri, kerukunan di Kepulauan Riau sudah menjadi satu kesatuan dengan masyarakat Melayu.

Hal itu dibuktikan dengan lahirnya karya kesustraan Gurindam Dua Belas karya Raja Ali Haji yang menurutnya penuh akan muatan tata kehidupan dalam konteks beragama, berbangsa dan bernegara.

“Kami melakukan kolaborasi dengan seluruh Pakem untuk mendiskusikan kondisi kerukunan di Bintan,” sebutnya.

Erman mengatakan kenaikan indeks kerukunan di Kepulauan Riau tahun 2022 sebagaimana rilis indeks kerukunan nasional Kementerian Agama mencapai 85.78, naik dari angka tahun 2021 sebesar 76.20.

“Indeks kerukunan di sebuah provinsi tentu saja merupakan hasil pengukuran yang dilakukan secara holistic di seluruh Kabupaten /Kota se Kepulauan Riau, termasuk di Bintan,” katanya, mengakhiri.