Kaji  Capaian Pembangunan Bidang Agama di Sumatera Utara,  BLAJ Gelar FGD  Dengan Kanwil Kemenag, FKUB dan BAZNAS
  • 14 Februari 2020
  • 681x Dilihat
  • Berita

Kaji Capaian Pembangunan Bidang Agama di Sumatera Utara, BLAJ Gelar FGD Dengan Kanwil Kemenag, FKUB dan BAZNAS

BLAJ - Pada Kamis (13/2) kemarin, Tim Peneliti Bidang Kehidupan Balai Litbang Agama Jakarta (BLAJ) Ismail didampingi staf TU BLAJ Eki Pratama Putra mengelar Focus Group Discussion (FGD) dengan Badan Zakat Nasional (BAZNAS) Sumatera Utara dan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Sumatera Utara. Kegiatan ini membahas sejauh mana peran kedua lembaga  dalam penyusunan program-program zakat dan wakaf di internal dan kontribusinya dalam penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Kanwil Kemenag  Sumatera Utara.

Sehari sebelum, Rabu (12/2), kegiatan FGD juga dilakukan di Sekretariat Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumatera Utara Jl. Amal, Graha Kuswari No.1/EE Medan.  Diskusi santai dan hangat  antara peneliti BLAJ dengan pengurus FKUB Sumatera Utara membicarakan kontribusi dan atensi FKUB Sumatera Utara dalam penyusunan Renstra Kanwil Kemenag Sumatera Utara.

Sebelum menggelar FGD, peneliti BLAJ berkunjung ke Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara untuk bersilahrami dan melakukan audiensi. Kedatangan peneliti BLAJ disambut baik  Kakanwil Kemenag  Sumatera Utara  H. Iwan Zulhami.  Audiensi diwakili oleh Kabag TU H.M David Saragih dan Kasubag Ortala dan KUB Ahmad Suhaimi di ruangan Kabag TU.

Kegiatan Focus Group Discussion ini merupakan bagian penelitian awal Bidang Kehidupan BLAJ di tahun 2020 dengan tema  “Penelitian Evaluasi Pembangunan Bidang Agama tahun 2015-2019”. Penelitian ini akan di lakukan di 13 provinsi wilayah Indonesia bagian barat. Penelitian bertujuan mengkaji capaian sasaran pembangunan bidang agama di daerah sebagaimana tertuang dalam Rencana Strategis masing-masing Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi pada periode 2015-2019. Penelitian ini diharapkan dapat menyajikan kondisi pembangunan bidang agama pada akhir periode Rencana Strategis periode 2015-2019, yang menjadi dasar bagi penyusunan Rencana Strategis periode berikutnya, yaitu 2020-2024.

Penelitian yang diketuai Rudy Harisyah Alam ini terbagi dalam dua tahap pengumpulan data lapangan. Tahap pertama, pengumpulan data penelitian yang menyasar tujuh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, yaitu; Kanwil Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta dan Jawa Barat. Untuk Kanwil Kemenag Sumatera Utara di evaluasi oleh Ismail  dan Eki Pratama Putra. (teks: Ismail /foto: Eki Pratama Putra)