BLAJ  Lakukan Penelitian Di Bengkulu Untuk Gali Potensi Capaian Kinerja Daerah
  • 13 Februari 2020
  • 394x Dilihat
  • Berita

BLAJ Lakukan Penelitian Di Bengkulu Untuk Gali Potensi Capaian Kinerja Daerah

BLAJ - Tim peneliti  Bidang Kehidupan Balai Litbang Agama Jakarta  Muiz Ali dan Moh. Nurhadi minggu ini melakukan pengumpulan data penelitian  ‘’Evaluasi Pembangunan Bidang Agama Dalam Perspektif Pendidikan”  di Provinsi Bengkulu. Kegiatan pengumpulan data yang dikemas dalam Focus Group Discusion (FGD) ini digelar Aula Kanwil Kemenag Bengkulu pada Rabu (12/2/2020) lalu.  

Hadir dalam kegiatan FGD ini Kabid Penais Zawa Kanwil Kemenag Bengkulu  H.M. Soleh, Pembimas Kristen Mastiur Purba, Pembimas Katolik B. Rianto, Kasubag Perencanaan dan Keuangan H. Matridi  dan sejumlah staf serta undangan lainnya. Selain di jajaran Kanwil Kemenag Bengkulu, FGD dan penelitian juga digelar bersama jajaran pengurus BAZNAS dan MUI Provinsi Bengkulu.

Menurut  Muiz Ali, penelitian ini bertujuan menggali potensi sasaran capaian kinerja di daerah. Karena potensi-potensi yang dimiliki di daerah sangat luar biasa. Hasil penelitian ini diharapkan  dapat dijadikan basis menjawab semua pertanyaan  Bapenas dalam menyusun anggaran kegiatan di Kementerian Agama untuk tahun-tahun mendatang.

 ‘’Harus kita akui selama ini penelitian masih belum mencakup  aspek secara keseluruhan,  baru sebatas level pusat, belum pada daerah. Nah, FGD ini paling tidak bisa menjawab serta mengetahui kontribusi dan faktor-faktor apa saja yang menentukan berhasil atau tidaknya capaian target sasaran kinerja selama ini,  serta mengukur program-program capaian kinerja yang akan ditargetkan di tahun mendatang,’’ kata Muiz Ali. 

Muiz juga mengatakan fokus rumusan masalah dalam FGD kali ini adalah pemahaman antar umat beragaman, terkait kerukunan antar umat beragama dan potensi ekonomi keagamaan serta pemanfaatan layanan kehidupan keagamaan. ‘’Untuk pelayanan haji dan pendidikan keagamaan saat ini masih dinilai baik dan bagus,’’ sambungnya.

Hasil penelitian ini  akan dijadikan bahan menyusun renstra  pada Maret 2020 mendatang. Namun untuk mendapat gambaran lengkap dari penelitian ini masih butuh waktu,  masih ada tahapan yang harus dilalui untuk menggali potensi capaian target sasaran kinerja di jajaran Kanwil Kemenag Bengkulu ini. ‘’Proses ini masih berjalan, kita masih membutuhkan dokumen dan wawancara yang mendalam. Kalau dokumen sudah kita dapatkan, akan segera kita keluarkan hasil penelitiannya,’’ ujar Muiz Ali.  (teks: Basuki/Aris W Nuraharjo, foto: Nurhadi)