BLAJ Konsepkan Book Chapter Dan Naskah Kebijakan: Penguatan Harmonisasi Dan Kerukunan Umat Beragama
  • BLA Jakarta
  • 17 Mei 2023
  • 94x Dilihat
  • Berita

BLAJ Konsepkan Book Chapter Dan Naskah Kebijakan: Penguatan Harmonisasi Dan Kerukunan Umat Beragama

Cibubur, 15 Mei 2023 - Balai Litbang Agama Jakarta (BLAJ) mengadakan Pembahasan Draft Awal Hasil Pengumpulan Bahan kebijakan untuk Penguatan Harmonisasi dan Kerukunan Umat Beragama (KUB). Acara ini dilangsungkan di Avenzel Hotel and Convention, Cibubur, pada tanggal 15 hingga 17 Mei 2023.

 Reza Perwira, Ketua Tim Penguatan Harmonisasi dan KUB, menyampaikan laporan bahwa kegiatan ini merupakan suatu afirmasi dan konfirmasi dari pengumpulan data bahan kebijakan tentang kajian hasil indeks KUB 2022 di Provinsi Kepulauan Riau. Hasil kajian ini akan dirancang dalam bentuk book chapter dan makalah kebijakan. Dalam kegiatan tersebut, hadir juga Hery Susanto, Kasubbag TU BLAJ, yang mewakili Kepala BLAJ. Hery Susanto menyatakan bahwa nilai-nilai baik harmoni di Kepulauan Riau yang dihasilkan dari kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bab untuk sebuah output buku (book chapter) dan makalah kebijakan (policy brief).

 Hery Susanto mengungkapkan, "Eksplorasi potret kehidupan kerukunan masyarakat Kepulauan Riau  melibatkan tokoh-tokoh nasional seperti Raja Ali Haji dan Sultan Mahmud Ri'ayat Syah, serta Maha Karya Gurindam Dua Belas yang menjadi cikal bakal Sumpah Pemuda. Potret ini akan disampaikan oleh tim dan menjadi rangkuman yang menarik dalam menggambarkan Kerukunan Umat Beragama."

Melalui penelusuran dan eksplorasi yang dilakukan, diharapkan bahwa buku dan ringkasan kebijakan yang akan dihasilkan dapat memberikan gambaran yang menarik dan berharga tentang harmoni dan kerukunan umat beragama di Kepulauan Riau. Potret ini akan menjadi referensi penting bagi pemangku kebijakan dan peneliti dalam mengembangkan langkah-langkah lebih lanjut untuk memperkuat kerukunan dan harmoni umat beragama di seluruh Indonesia.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Mahbub Daryanto, turut hadir dalam acara ini. Dalam sambutannya, Mahbub Daryanto menyampaikan bahwa di Provinsi Kepulauan Riau, terdapat banyak upaya yang dilakukan untuk menjaga kerukunan umat beragama. Banyak kegiatan melibatkan sektor-sektor utama dan sinergi antara Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepri, Pemerintah Daerah Provinsi Kepri, Kepolisian Daerah Kepri, Pemerintah Daerah dan Kementerian Agama Kabupaten/Kota, FKUB Provinsi dan FKUB Kabupaten/Kota, serta organisasi masyarakat lainnya.

 "Di Kepri, kami telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga kerukunan umat beragama agar tetap harmonis. Beberapa tema besar telah diselenggarakan, antara lain Dialog Tokoh dan Pemuda Lintas Agama, Pembinaan dan Pernyataan Sikap Para Tokoh Lintas Agama, Orientasi dan Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama, Doa Bersama Lintas Agama, Pembentukan Desa Sadar Kerukunan di setiap Kabupaten/Kota, dan Pembentukan FKUB Tingkat Kecamatan," ujar Mahbub Daryanto.

Pembahasan yang dilakukan di Avenzel Hotel and Convention ini bertujuan untuk memperkaya basis pengetahuan dan mengumpulkan rekomendasi guna mengembangkan kebijakan yang mempromosikan harmoni beragama dan kerjasama antarumat beragama. Pandangan dan masukan dari berbagai pihak yang terlibat akan menjadi kontribusi berharga dalam menyusun bab dalam buku (book chapter) dan ringkasan kebijakan (policy brief), yang akan menjadi sumber daya berharga bagi para pembuat kebijakan dan peneliti di bidang agama.

Kegiatan ini dihadir dihadiri oleh 30 orang peserta, dan diisi dengan pemaparan materi yang disusun bersama oleh Balai Litbang Agama Jakarta dan beberapa Peneliti Badan Riset Inovasi Nasional. Hadir juga sebagai Narasumber Prof. Dr. Jajat Burhanuddin, Prof Dr. Media Zainul Bahri dan Dr. Abdul Rahman Shaleh, M.Psi dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, serta Dr. Abdul Jamil Wahab, M.A dari Badan Riset dan Innovasi Nasional (BRIN).