Benchmark Tim BLAJ Ke Arsip Nasional Republik Indonesia
  • 10 Juni 2022
  • 219x Dilihat
  • Berita

Benchmark Tim BLAJ Ke Arsip Nasional Republik Indonesia

BLA Jakarta-Dalam rangka mempercepat implementasi Reformasi Birokrasi area penataan tatalaksana menuju e-Goverment, pada Jum’at (10/6) lalu,  Balai Litbang Agama Jakarta (BLAJ) melakukan studi banding (benchmark) ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Cilandak, Jakarta Selatan. Tujuan benchmark ini untuk peningkatan layanan persuratan dan pengelolaan kearsipan yang lebih baik di lingkungan BLAJ.  Dalam kunjungan ini Tim BLAJ dipimpin langsung Plt. Kepala Balai Litbang Agama Jakarta Hery Susanto.

Hery Susanto mengatakan kunjungan tim BLAJ ke kantor ANRI kali ini untuk menambah pengetahuan serta bertukar informasi terkait manajemen persuratan dan pengelolaan Arsip yang terstandar. Kegiatan ini merupakan tahapan dalam rangka pengembangan sistem yang sedang dikembangkan oleh tim BLAJ untuk peningkatkan layanan birokrasi yang lebih baik.

“Pemilihan ANRI sebagai lokus tujuan benchmark  karena lembaga ini diberikan tusi khusus untuk pengelolaan kearsipan negara,  sesuai UU No. 43 Tahun 2009.  Ada dua hal fokus kami, yaitu;  tentang manajemen persuratan mulai dari penciptaan naskah hingga alur disposisi, kedua tentang pengelolaan arsip secara menyeluruh,” ujar Hery.   
                                                                                                                                                                                      
Hery juga berharap setelah kegiatan studi banding ini tim  BLAJ dapat memaksimalkan teknologi yang sudah diterapkan di ANRI untuk menghadirkan layanan birokrasi yang efektif dan efesien di BLAJ. Kedatangan tim BLAJ didampingi  perwakilan ANRI, yaitu  Muthia dan Okta, Arsiparis Unit kearsipan Biro Umum ANRI.