BAZNAS Riau Sambut Baik Penelitian BLAJ
  • 6 Maret 2020
  • 369x Dilihat
  • Berita

BAZNAS Riau Sambut Baik Penelitian BLAJ

BLAJ - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Riau menerima kunjungan serta audiensi peneliti Balai Litbang Agama Jakarta (BLAJ) Ismail dan Ma’mun pada Rabu (4/3/2020) lalu. Kunjungan peneliti BLAJ ini disambut Ketua Baznas Provinsi Riau H. Azwar Aziz, Wakil Ketua III Hana. M, Sekretaris Baznas Riau Budi, Kabag Keuangan Idris, dan Kabag Pendistribusian, Pendayagunaan Musliadi.

”Hari ini kita menerima audiensi dan kunjungan dari Peneliti Kemenag RI, di Kantor Baznas Provinsi Riau. Audiensi ini terkait Pencapaian Baznas Riau yang sesuai dengan Renstra atau rencana Strategis Baznas Provinsi Riau,” ujar H. Azwar Aziz.

Kunjungan tim peneliti  Bidang Kehidupan Balai Litbang Agama Jakarta ke kantor BAZNAS Riau ini merupakan bagian dari pengumpulan data penelitian “Evaluasi Pembangunan Bidang Agama Dalam Perspektif Pendidikan”  di Provinsi Riau. Kegiatan pengumpulan data dikemas dalam Focus Group Discusion (FGD). “Kami dari  Balai Litbang Agama Jakarta akan melakukan penelitian tentang Rencana Strategis (Renstra),” kata Ismail.

Ismail juga mengatakan Kementerian Agama, khususnya Balai Litbang ingin mengetahui sejauh mana kontribusi Baznas sebagai mitra Kementerian Agama dalam membangun plantropi keagamaan khususnya Zakat di Provinsi Riau. Laporan dari kementerian Agama Provinsi Riau, potensi Zakat di Riau cukup besar. Dari data terakhir tercatat sekitar 110 milyar rupiah sudah dihimpun dari seluruh Baznas dan LAS se-Riau pada 2019.

“Ternyata peran pemerintah daerah dalam menghimpun zakat sangat besar.  Kami coba menyimpulkan Baznas di Provinsi Riau ini perlu dukungan pemerintah dari segi regulasi. Karena baru zakat profesi dari ASN saja yang terhimpun. Saya pikir  dari Luar ASN, seperti perusahaan atau lembaga juga memiliki potensinya cukup besar untuk zakat. Jadi kami berharap di RKAT ada target yang harus dimunculkan, sehingga lebih besar dana yang dihimpun dan manfaat untuk umat,” paparnya. (dok. https://haluanpos.com/)