Balai Litbang Agama Jakarta Kembali Gelar Festival Film Pendek Moderasi Beragama 2024
  • Humas
  • 8 Juli 2024
  • 69x Dilihat
  • Berita

Balai Litbang Agama Jakarta Kembali Gelar Festival Film Pendek Moderasi Beragama 2024

Balai Litbang Agama Jakarta (BLAJ) kembali menggelar Festival Film Pendek Moderasi Beragama 2024.  Plt. Kepala Balai Litbang Agama Jakarta Wawan Hermawan menjelaskan  dengan kali kedua festival ini diselenggarakan, menandakan komitmen berkelanjutan Balai Litbang Agama Jakarta dalam mendukung kreativitas sineas muda Indonesia untuk menyuarakan pesan-pesan moderasi beragama melalui karya film pendek. 

 

Festival ini  melibatkan tiga juri ternama yang memiliki kontribusi besar dalam bidang sineas dan sosial, yaitu Alissa Wahid, Dedi Mizwar, dan Aria Dewa. Alissa Wahid dikenal sebagai aktivis sosial dan tokoh moderasi beragama, Dedi Mizwar adalah aktor, produser sekaligus sutradara yang berpengalaman, dan Aria Kusumadewa merupakan sutradara film terbaik FFI 2009.

 

Pendaftaran  kompetisi ini dibuka mulai tanggal 4 Juli hingga 29 Juli 2024. Para peserta diharapkan dapat mengirimkan karya terbaik mereka yang mencerminkan tema moderasi beragama. Film pendek yang diikutsertakan dalam festival ini harus memiliki durasi maksimal 30 menit dan dapat dikirimkan dalam format digital melalui platform yang telah disediakan oleh panitia.

 

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 5 Agustus 2024, dengan total hadiah yang diperebutkan sebesar 50 juta rupiah. Festival ini diharapkan dapat menarik perhatian para sineas muda dan masyarakat luas untuk bersama-sama mensosialisasikan nilai-nilai toleransi dan keberagaman dalam kehidupan beragama di Indonesia.

 

"Saya sangat antusias dengan penyelenggaraan Festival Film Pendek Moderasi Beragama 2024 ini. Kami berharap festival ini dapat menjadi wadah bagi para sineas muda untuk berkreasi dan menyampaikan pesan-pesan positif tentang moderasi beragama," ujar Aria Kusumadewa, salah satu dewan juri dalam festival ini.

 

Festival Film Pendek Moderasi Beragama 2024 menjadi salah satu upaya Balai Litbang Agama Jakarta untuk mendukung  program Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI dalam membangun Indonesia yang damai, toleran, dan menghargai perbedaan. Mari kita sambut dan dukung festival ini dengan semangat kebersamaan dan moderasi. 

 

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dan peraturan kompetisi dapat diakses melalui sosial media Balai Litbang Agama Jakarta atau https://linktr.ee/ffpmb2024.