Balai Litbang Agama Jakarta Dorong Kreativitas Sineas Melalui Webinar Moderasi Beragama “Bikin Film Itu Mudah”
  • Humas
  • 11 Juli 2024
  • 89x Dilihat
  • Berita

Balai Litbang Agama Jakarta Dorong Kreativitas Sineas Melalui Webinar Moderasi Beragama “Bikin Film Itu Mudah”

Balai Litbang Agama Jakarta (BLAJ) kembali menunjukkan komitmennya dalam mempromosikan nilai-nilai Moderasi Beragama dengan menggelar webinar bertajuk "Bikin Film Itu Mudah: Road To Festival Film Pendek Moderasi Beragama 2024". Webinar ini berhasil menarik perhatian ratusan peserta dari berbagai kalangan, termasuk pelajar, mahasiswa, akademisi, sineas, dan penyuluh agama, Rabu/10/7/2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian persiapan menuju Festival Film Pendek Moderasi Beragama 2024. Mengusung tema moderasi beragama, BLAJ berharap dapat menginspirasi para pembuat film untuk menciptakan karya-karya yang mengangkat nilai-nilai toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

Plt. Kepala Balai Litbang Agama Jakarta, Wawan Hermawan, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Festival Film Pendek ini merupakan kali kedua diselenggarakan oleh BLAJ sebagai bagian untuk mendorong dan memfasilitasi kreativitas anak bangsa dalam menyuarakan nilai-nilai moderasi beragama melalui media film.

Menurutnya, tema webinar “Bikin Film Itu Mudah: Road To Festival Film Pendek Moderasi Beragama 2024” dipilih dengan harapan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para peserta untuk berkarya, mengekspresikan ide-ide dan berkontribusi dalam membangun kerukunan dan toleransi umat antar umat beragama di Indonesia. 

“Melalui tema ini kami ingin menunjukan bahwa proses pembuatan film, meskipun tanpa kompleks dapat dilakukan oleh siapa saja dengan kemauan kreativitas dan ketekunan” ungkap Wawan.

Webinar ini menghadirkan pembicara yang memiliki kontribusi besar dalam bidang sineas dan pakar di bidang Moderasi Beragama, diantaranya Alissa Wahid yang dikenal sebagai aktivis sosial dan tokoh Pokja Nasional Moderasi Beragama, kemudian Aria Kusumadewa yang merupakan sutradara film terbaik FFI 2009 dan Kunun Nugroho yang merupakan aktor, penulis skenario dan sutradara.

Webinar ini diikuti oleh lebih dari 600 peserta secara online, yang terdiri dari penyuluh agama dari seluruh Indonesia dan calon peserta festival film pendek yang meliputi akademisi, guru, mahasiswa, dosen, hingga masyarakat umum.

Festival Film Pendek Moderasi Beragama 2024 menjadi salah satu upaya Balai Litbang Agama Jakarta untuk mendukung  program Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI dalam mempromosikan Moderasi Beragama guna membangun Indonesia yang damai, toleran, dan menghargai perbedaan. Mari kita sambut dan dukung festival ini dengan semangat kebersamaan dan moderasi.
 
Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dan peraturan kompetisi Festival Film Pendek Moderasi Beragama 2024 dapat diakses melalui sosial media Balai Litbang Agama Jakarta atau https://linktr.ee/ffpmb2024.