Aplikasi SIMS BLAJ Diterapkan di Balai Litbang Agama Semarang, Menjadi Solusi Tata Kelola Persuratan
  • BLA Jakarta
  • 4 Maret 2023
  • 187x Dilihat
  • Berita

Aplikasi SIMS BLAJ Diterapkan di Balai Litbang Agama Semarang, Menjadi Solusi Tata Kelola Persuratan

Semarang (03/03)- Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Surat (SIMS) merupakan inovasi layanan transformasi digital  dari Balai Litbang Agama Jakarta (BLAJ). Aplikasi berbasis website ini mengoperasikan perjalanan surat menyurat, mulai dari penerimaan, disposisi tindak lanjut, dan pengarsipan. Selain itu juga pengelolaan pembuatan surat dan pendistribusiannya.

Balai Litbang Agama Semarang mengumumkan bahwa mereka akan mulai menerapkan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Surat (SIMS).  Aplikasi SIMS sukses di implementaskan di Balai Litbang Agama Jakarta dan sekarang mulai akan diadopsi oleh Balai Litbang Agama Semarang.

Dalam keterangannya, Kepala Balai Litbang Agama Semarang, Anshori, mengatakan aplikasi SIMS merupakan salah satu bentuk sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Harapannya aplikasi ini memudahkan tata kelola persuratan.

"SIMS merupakan wujud dari pelayanan berbasis elektronik. Ini penting dalam rangka percepatan Reformasi Birokrasi, di mana ke depan kantor kita harus dijalankan secara modern," kata Anshori.

Aplikasi SIMS ini akan mulai diterapkan di Balai Litbang Agama Semarang dalam waktu dekat. Seluruh karyawan di Balai Litbang Agama Semarang juga akan mendapatkan pelatihan khusus untuk mempelajari cara menggunakan aplikasi ini dengan baik dan benar.

Samidi , Kepala BLAJ dalam kesempatan ini mengutarakan bahwa Aplikasi SIMS sangat membantu percepatan kinerja. Fitur Notifikasi email menjadi penting untuk merespon dengan segera terkait surat-surat yang penting.

"Memang ini sangat membantu, dimeja saya selalu bersih tidak ada surat-surat menumpuk untuk di tindaklanjuti. Kemudian ada notifikasi email, jadi kita gak akan kelewatan merespon surat-surat penting. Langsung segera bisa kita cek, respon disposisi dan trackingnya jelas secara langsung diarsipkan secara otomatis"

Diharapkan dengan adopsi SIMS dari BLAJ ini, Balai Litbang Agama Semarang dapat meningkatkan kinerja kearah yang lebih baik.