400-an Mahasiswa dan Akademisi Hadiri Seminar dan Ekspos Produk Akademik Balai Litbang Agama Jakarta di UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam dua hari.
  • BLA Jakarta
  • 16 Agustus 2022
  • 186x Dilihat
  • Berita

400-an Mahasiswa dan Akademisi Hadiri Seminar dan Ekspos Produk Akademik Balai Litbang Agama Jakarta di UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam dua hari.

Bandung -  Lebih dari 400 mahasiswa dan akademisi hadiri kegiatan Seminar Ekspos Produk Akademik yang diselenggarakan Balai Litbang Agama Jakarta ( BLAJ ) di Auditorium Anwar Musadad UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam dua hari acara. Kegiatan ini mempunyai tema “ Moderasi Beragama untuk  Menjaga Harmoni Kehidupan Berbangsa dan Bernegara” ini digelar selama dua hari pada 15-16 Agustus 2022.

Hari pertama acara seminar  dihadiri oleh beberapa narasumber diantaranya keynote speaker Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, M.A., Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prof. Dr. H. Mahmud, M. Si. Dan Kepala Balai Litbang Agama Jakarta Dr. Samidi, S. Ag., M.S.I. Dalam kegiatan ini Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, M.A. menghadiri kegiatan secara daring .



Dalam presentasinya, Dr. Samidi, S. Ag., M.S.I menyampaikan bahwa dalam upaya pencegahan radikalisme, kita tidak boleh memaknai kata hijrah dalam perspektif yang sempit” . Hari pertama seminar dipresentasikan artikel penelitian yang diterbitkan di Jurnal Penamas oleh Dr. Ekawati, M.A. yang merupakan penulis artikel di Jurnal Penamas, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Seminar hari pertama dipandu Ketua LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung Dr. Husnul Qodim, S. Ag., M. A. selaku moderator. Materi yang disajikan di seminar hari pertama ini adalah Tarekat dan Pencegahan Radikalisme - Fundamentalisme di Indonesia

Sedangkan hari kedua seminar  dihadiri oleh beberapa narasumber diantaranya Prof. Arskal Salim, MA (Kapuslitbang LKKMO), Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Af. (Dekan Fakultas Usluhuddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung) serta Prof. Dr. Rosihon Anwar, M.Ag (Warek 1 Bidang Akademik UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Seminar hari kedua ini akan dipresentasikan artikel penelitian yang diterbitkan di Jurnal Penamas oleh Dr. Juju Saepudin, S.H.I., M.Ag., yang merupakan penulis artikel di Jurnal Penamas, Peneliti BRIN. Seminar hari kedua ini dipandu oleh Ketua Laboratorium Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Irma Riyani, M. A. Seminar hari kedua mendiskusikan tema tentang Gerakan Dakwah Komunitas Generasi Milenial dan Harmonisasi Kehidupan Beragama di Indonesia.



Selain kegiatan seminar terdapat juga pameran buku yang menampilkan buku- buku hasil penelitian dari peneliti Balai Litbang Agama Jakarta yang ditampilkan di dalam 7 booth yang bisa didapatkan secara gratis dengan ketentuan berlaku. Lalu terdapat juga game interaktif Kahood yang menarik diawal seminar bagi peserta dan mahasiswa yang hadir dalam acara ini. Untuk 100 orang pertama hadir akan mendapatkan fasilitas snack, makan siang, tumbler, sertifikat serta free e-book jurnal.