Tim Penyusun Naskah Akademik Bersama BLA Jakarta Bahas Konsep Ortaker Badan Moderasi Beragama dan  Pengembangan SDM
  • BLA Jakarta
  • 23 Februari 2023
  • 183x Dilihat
  • Berita

Tim Penyusun Naskah Akademik Bersama BLA Jakarta Bahas Konsep Ortaker Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan SDM

Jakarta - 22 Februari 2023, Tim Penyusun Grand Desain Ortaker Badan Moderasi Beragama dan Pengambangan SDM Kementerian agama kembali membahas naskah akademik ortaker baru untuk Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Litbang Agama Jakarta (BLA Jakarta) selama dua hari, mulai tanggal 23 hingga 24 Februari 2023, di Hotel Avenzel Cibubur Jakarta, dihadiri oleh seluruh tim penyusun naskah akademik Grand Desain Ortaker dari analis kebijakan di lingkungan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Suyitno, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kelanjutan dari pembahasan sebelumnya. "Saya berharap pembuatan konsep Grand Desain Ortaker Badan Moderasi dan Pengembangan SDM ini dapat lebih lengkap dan dapat selesai. Kemudian juga kita memastikan naskah akademik yang dibuat telah sesuai dengan Perpres dan regulasi turunannya," ujarnya. Selain itu, ia juga berharap pertemuan ini dapat juga mengakomodir arahan Menteri Agama terkait peralihan Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) dan Lembaga Pentahsihan Mushaf Al-Quran (LPMQ) yang eksisting saat ini.

Kepala Balai Litbang Agama Jakarta, Samidi, juga memberikan dukungannya terhadap kegiatan ini. "Saya sangat mendukung kegiatan ini karena ini merupakan langkah awal yang penting dalam membentuk Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan SDM yang ideal," ujarnya.

Ketua Tim Naskah Akademik Grand Desain Ortaker Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan SDM, Arskal Salim, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala BLA Jakarta yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Ia mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mematangkan opsi-opsi Bagan Ortaker Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan SDM, serta membahas risiko-risiko dan melihat kelemahannya sebagai langkah antisipatif.

"Di sini kita ingin mematangkan beberapa opsi-opsi yang sudah disiapkan sebelumnya, sekaligus kita memprediksi kelemahan dan keuntungannya setiap opsi konsep Ortaker ini. Saya berharap opsi dari konsep ini mendorong transformasi dan inovasi yang membawa perubahan bagi Badan Moderasi dan Pengembangan SDM," ujar Arskal.

Ia menilai bahwa Naskah akademik ini nantinya akanĀ  berimplikasi sangat penting terhadap struktur, karena itu konsep ini diberikan beberapa opsi-opsi Bagan sebagai bahan untuk diajukan ke Biro Ortala dan KemenpanRB. Kegiatan ini diharapkan dapat membawa perubahan yang signifikan bagi Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan SDM. Dengan adanya naskah akademik yang matang Badan Moderasi Beragama diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan lebih efektif dan optimal dalam menjalankan mandat tugas-tugas penting di Kementerian Agama.