Peran Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) Dalam Mendorong Program Moderasi Beragama
  • BLA Jakarta
  • 13 Juli 2023
  • 501x Dilihat
  • Berita

Peran Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) Dalam Mendorong Program Moderasi Beragama

 

Jakarta-13 Juli 2023. Balai Litbang Agama Jakarta menyelenggarakan kegiatan Moderasi Beragama Dan Pemberdayaan Masyarakat Multisektoral Berbasis Literasi. Tujuan dari kegiatan ini guna meningkatkan pemahaman pegawai tentang jabatan fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) yang bertugas untuk menyuluh, melatih, dan mendampingi masyarakat dalam pengembangan komitmen perubahan, kapasitas masyarakat, dan kemandirian demi terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif, sejahtera, dan berdaya saing.

Kepala Balai Litbang Agama Jakarta yang dalam hal ini diwakili oleh Koordinator Umum, Ma’mun, dalam arahannya menyampaikan harapan bahwa kegiatan ini akan menghasilkan tindak lanjut yang berupa penyusunan analisis jabatan fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) di Balai Litbang Agama Jakarta guna mendorong Program Moderasi beragama yang merupakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dari Kementerian Agama.

Hadir sebagai narasumber, Widianto Ramadhan dari Kementerian Desa selaku pembina jabatan fungsional PSM. Ia menyatakan kesiapannya dalam mendampingi penyusunan analisis jabatan Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) di Balai Litbang Agama Jakarta. "Pemberdayaan adalah tujuan utama dari PSM, dan setiap Kementerian atau Lembaga yang memiliki fungsi pemberdayaan dapat mengajukan Jabatan Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat, termasuk Kementerian Agama yang mana PSM ini akan dapat menunjang Program Moderasi Beragama di masyarakat melalui penyuluhan, pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat" ungkapnya.

Selanjutnya, narasumber sesi kedua, Prof. Saraswati Soegiharto dari Badan Riset dan Inovasi Nasiona (BRIN), membahas topik tentang Moderasi Beragama dan Pemberdayaan Masyarakat: Aktivasi Model Sosial sebagai Strategi Pemberdayaan Masyarakat untuk Moderasi Beragama.

Acara ini diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari berbagai latar belakang dan diselenggarakan di Fave Hotel Cililitan pada tanggal 13 Juli 2023.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta mendapatkan pengetahuan yang mendalam tentang peran dan tanggung jawab Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) dalam memfasilitasi pemberdayaan masyarakat. Mereka juga mempelajari strategi pemberdayaan masyarakat untuk mencapai moderasi beragama melalui aktivasi model sosial.

Selama sesi diskusi, para peserta aktif berbagi pengalaman dan tanya jawab mengenai pemberdayaan masyarakat di berbagai daerah. Mereka mendiskusikan tantangan dan peluang yang dihadapi oleh Jabatan Fungsional PSM dalam menjalankan tugas untuk mendukung tugas pokok dan fungsi Balai Litbang Agama Jakarta kedepannya.