## 01/09/2014 - 03/09/2014 Seminar Bidang Pendidikan "Dinamika Pesantren Salafiyah dalam sistem pendidikan di Indonesia". ## 04/09/2014 - 06/09/2014 Workshop "Penyusunan Buku Panduan Manajemen Masjid".
  • modules/mod_lv_enhanced_image_slider/images/demo/1.jpg
  • modules/mod_lv_enhanced_image_slider/images/demo/2.jpg
  • modules/mod_lv_enhanced_image_slider/images/demo/3.jpg
  • modules/mod_lv_enhanced_image_slider/images/demo/4.jpg
  • modules/mod_lv_enhanced_image_slider/images/demo/5.jpg
  • modules/mod_lv_enhanced_image_slider/images/demo/6.jpg

Studi Literatur Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah Di Sumatera Barat

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan literatur-literatur yang berkaitan dengan tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah. Kemudian untuk mengetahui dan menjelaskan deskripsi dan substansiliteratur tersebut.

Terakhir, untuk mengetahui dan menjelaskan respon masyarakat terhadap ajaran tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah. Masalah utama penelitian ini adalah literatur yang dipedomani pimpinan dan penganut tarekat ini mencerminkan pemahaman dan keyakinan mereka yang diwujudkan dalam perilaku dan ritual ibadah. Adapun pertanyaan penelitiannnya adalah apa saja literature yang berkaitan dengan tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah, bagaimana deskripsi dan substansinya, bagaimana respon masyarakat setempat terhadap ajaran tarekat ini.

Temuan sementara penelitian ini adalah literatur yang berkaitan dengan tarekat Naqsyabandiyah yang ditulis oleh pengikut dan pengamal (insider) berjumlah 11 buah yang terdiri dari 8 buah manuskrip dan 3 buah buku cetakan. Jumlah literatur berbentuk manuskrip yang diyakini masih banyak tersebar di berbagai pelosok sumatera barat.

Sedangkan literatur yang ditulis oleh bukan pengikut/pengamal (outsider) berjumlah 4 buah yang terdiri dari 3 buah kitab cetakan karya Syeikh Ahmad Khatib Minangkabau dan satu kitab terjemahan tulisan tangan karya Sayyid Utsman bin Abdullah.

Untuk mengetahui hasil penelitian ini lebih detil, dapat menghubungi penulis di alamat email: Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya

Selasa,17 Juli 2012, Hotel Horison Bekasi,

Narasumber : Prof. Dr. H. Marzani Anwar, M.Pd.I dan Drs. H. Afif HM, M.Si

scroll back to top