PENGEMBANGAN MADRASAH ALIYAH AKADEMIK (STUDI MAN INSAN CENDEKIA SERPONG)

STUDI MAN INSAN CENDEKIA SERPONG

  • Juju Saepudin

Abstract

Tulisan ini menyajikan hasil  penelitian tentang pengembangan Madrasah Aliyah Akademik Insan Cendekia (IC) di daerah. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong lahir dari keinginan untuk menjembatani dunia pesantren dengan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa diduga telah menjadi lembaga pendidikan menengah atas yang difavoritkan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil analisa data secara induktif dapat diketahui bahwa komitmen MAN Insan Cendekia Serpong sebagai Madrasah Aliyah Akademik untuk mencapai sintesis ideal itu adalah subsidi pemerintah yang kuat untuk sarana prasarana dan subsidi bagi siswa, rekrutmen siswa yang ketat dan guru secara otonomi serta kurikulum yang tajam dan fokus pada pengembangan kemampuan ilmu pengtahuan dan teknologi yang diintegrasikan dengan penguasaan agama melalui pembelajaran yang bertumpu pada tiga bidang hadlarah dengan mengadopsi sistem boarding dari pesantren. Dengan demikian potret MAN Insan Cendekia Serpong sebagai madrasah pencetak calon saintis berkarakter Islam ini bisa menjadi model bagi pengembangan Madrasah Akademik di daerah lainnya.

References

Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitan; Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Azra, Azyumardi. Paradigma Baru Pendidikan Nasional , Jakarta, Kompas, 2002.
Becker, Gary. Human Capital : A Theoretical and Empirical Analysis, With Special Reference to Education, New Yourk and London : Colombia University Press. 1975.
Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif, Jakarta : Kencana Prenada Media Group. 2010.
Darmaningtyas. Realitas Pemberlakukan UAN/UN. EDUKASI Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. Vol. 5 (1): 41-54. 2007.
Denzin, Norman K. dan Yvonna S. Lincoln (Eds). Handbook of Qualitative Research, Thousand Oaks, California: SAGE Publications, 1994.
Departemen Agama RI. Desain Pengembangan Madrasah. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam. 2004.
Kementerian Agama RI. Laporan Kegiatan Sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2015, Jakarta : MAN Insan Cendekia Serpong.
Kementerian Agama RI. Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, 2003.
Kementerian Agama RI. Pedoman Pembangunan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, 2003.
Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1022 Tahun 2016 Tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta dIdik Baru MAN Insan Cendekia Tahun Pelajaran 2016-2017.
Keputusan Menteri Agama Nomor 60 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah.
Khozim, Wahid Dkk. Gairah Baru Madrasah Aliyah; Unggul, Inovatif dan Kompetitif, Jakarta:Puslitbang Penda-Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI. 2013.
Leutuan, Harun Al Rasyid. Strategi Pengembangan Pendidikan di Indonesia
dalam https://harunalrasyidleutuan.wordpress.com, diunduh pada tanggal 15 April 2015.
MAN Insan Cendekia, Power Point Sosialisasi PPDB 2016-2017.
MAN Insan cendekia, The Maganificence of MAN Insan cendekia Serpong: Dua Windu dalam Bingkai (1998-2012), Bolan Mandiri. 2012.
Moleong, Lexi J. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Mulyono. El-Hikmah (Jurnal Kependidikan dan Keagamaan) Volume VIII Nomor 1. Malang : Fakultas Tarbiyah UIN Maliki Malang. 2010.
Nandika, Dodi. Pendidikan di Tengah Gelombang Perubahan. Jakarta: LP3ES, 2007.
Renstra Direktorat Jendral Pendidikan Islam “Program Pendidikan Islam Tahun 2015-2019”.
Rahmawati, Evi dalam http://library.walisongo.ac.id/digilib/files/disk1/25/jtptiain-gdl-s1-2006-evirahmawa-1206-bab2_310-4.pdf, diunduh pada tanggal 15 April 2015.
Satori, Djam’an dan Aan Komariah, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta, 2010.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Alfabeta, 2012.
Sukarno, Makmuri. Ana Saidi dan Marzuki Wahid. Rapid Assesment : Mengembangkan Model MAN IC : Inspirasi dari MAN IC Serpong dan Jambi, Jakarta : Direktorat Pendidikan Madrasah, 2013.
Sukmadinata, Nana Syaodih Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2009.
Tilaar, H.A.R, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta, PT Rineka Cipta, 2004.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widodo, Erna dan Mukhtar, Konsrtuksi Ke Arah Penelitian Deskriptif, Yogyakarta : Avirouz. 2000.
Published
2018-07-25
How to Cite
SAEPUDIN, Juju. PENGEMBANGAN MADRASAH ALIYAH AKADEMIK (STUDI MAN INSAN CENDEKIA SERPONG). Penamas, [S.l.], v. 31, n. 1, p. 125-148, july 2018. ISSN 2502-7891. Available at: <http://blajakarta.kemenag.go.id/journal/index.php/penamas/article/view/242>. Date accessed: 14 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.31330/penamas.v31i1.242.