Education of Mualaf Model

Pendahuluan; Metode Penelitian; Profil Pesantren; Model Pendidikan Pesantren Mualaf; Penutup; Ucapan Terima Kasih; Referensi

  • Hidayatus Syarifah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Abstract

Pendidikan untuk mualaf belum memiliki model pembelajaran yang efektif. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan model pendidikan mualaf melalui sistem pembelajaran pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif-naturalistik. Melalui triangulasi teknik pengumpulan dan pengolahan data, didapatkan temuan penelitian bahwa model pembelajaran PAI di pesantren mualaf sudah memiliki konsep pembelajaran komplementer, yang memadukan sistem pembelajaran konvensional dan modern. Santri yang berumur lintas usia mendapatkan pembinaan untuk menempuh pendidikan dengan pendekatan multi metode berbasis scientific dengan tambahan hidden kurikulum berupa  ilmu kristologi dan muhadharah. Dengan sistem penilaian yang membebaskan nilai rapor, pembelajaran dinilai berjalan efektif dan menghasilkan output sesuai harapan, yakni terbinanya pengembangan kompetensi santri dan lulusan yang kompeten.

Published
2018-07-25
How to Cite
SYARIFAH, Hidayatus. Education of Mualaf Model. Penamas, [S.l.], v. 31, n. 1, p. 83-106, july 2018. ISSN 2502-7891. Available at: <http://blajakarta.kemenag.go.id/journal/index.php/penamas/article/view/227>. Date accessed: 14 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.31330/penamas.v31i1.227.