PELAYANAN KEMENTERIAN AGAMA TERHADAP UMAT MINORITAS DI KOTA PALU

  • Sitti Arafah Balai Penelitiandan Pengembangan Agama Makassar

Abstract

Penelitian ini akan mendiskripsikan terkait Pelayanan Kementerian Agama terhadap umat minoritas di kota Palu, meliputi pelayanan pendirian rumah ibadat dan pelayanan pendidikan keagamaan. Penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan Kementerian Agama dilakukan berdasarkan tipologi dan struktur yang ada,  sehingga pelayanan masih dilakukan pada tingkat kanwil dan tingkat Kemenag Kota. Pelayanan  yang diberikan dinilai belum maksimal, namun berupaya memberikan pelayanan secara proporsional berdasarkan kebutuhan dan jumlah umat. Pelayanan dalam pendirian rumah ibadat belum tampak persoalan yang sangat serius dalam pemberian izin mendirikan rumah ibadat, dan secara materi bantuan untuk rumah ibadat sangat minim dan terbatas, demikian hal pada pelayanan pendidikan keagamaan masih sangat jauh dari pelayanan masksimal,  utamanya pemenuhan guru-guru pada satuan pendidikan umum.

References

Hakim, Ramlah, 2015, Pembangunan Rumat Ibadat Pasca PBM Nomor 9 dan 8 tahun 2006, dalam Buku Dilema Pembangunan Rumah Ibadat: Yogyakarta: Ladang Kata.

Hakim, Ramlah, 2016, Pembangunan Rumah Ibadat Pasca PBM No 9 dan 8 2006 di Kota Ambon dalam Toleransi di Persimpangan Jalan. Solo: Zadahanifa.

Kadir Ahmad, Abd. 2009, Jarak Sosial Agama dan Etnik Sebuah Identitas, Makassar: Ide Lenggara.

Kadir, Abd. 2014, Umat Minoritas dalam Pelayanan Kementerian Agama: Menyasar Penganut Agama Buddha di Kota Jayapura Prov. Papua, dalam Jurnal Al-Qalam, Volume 20 Nomor 1 Juni 2014.

Kettani, M.Ali, 2005, Minoritas Muslim di Dunia Dewasa Ini, Jakarta: Raja Grafindo.

Moleong, Lexi J., 2000, Metode Penelitian Kualitatif, Rosda Karya, Bandung.

Muin. Abdul, 2007, Pondok Pesantren dan Pelayanan Masyarakat, dalam Jurnal Edukasi Volume 5 Nomor 4 Oktober 2007.

Saprillah, 2016, Penyuluh Agama dan Isu Kerukunan Antar Umat Beragama di Kota Palu, dalam Jurnal Al-Qalam, Volume 22 Nomor 2, Desember 2016.

Shadiq Kawu. Abdul, 2013, Pelayanan Haji Dalam Sorotan Publik, Jilid 2; Makassar, Hasanuddin University Press.
Suprapto, 2012, Membina Relasi Damai Antara mayoritas dan Minoritas (Telaah Kritis Atas Peran Negara dan Umat Islam dalam Mengembangankan Demokrasi di Indonesia, dalam Jurnal Analisis, Volume XII, Nomor 1 Juni 2012.

Syuhudi, Muh. Irfan, 2017, Pelayanan Kementerian Agama Terhadap Penganut Agama Minortias. Dalam Desain Operasional Penelitian Bidang Bimas Layanan Agama dan Keagamaan.

Tim Peneliti Balai Litbang Agama Makassar, 2011, Pelayanan Kemenag terhadap
Penganut Agama Khonghucu di Kawasan Timur Indonesia, Laporan Penelitian Balai Litbang Agama Makassar.

Tim Peneliti Balai Litbang Agama Makassar, 2013, Pelayanan Kemenag terhadap
Penganut Agama Hindu dan Buddha di Kawasan Timur Indonesia, Laporan Penelitian Balai Litbang Agama Makassar.

Undang-Undang RI Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Kepres tahun 2002, Nomor 49 tentang Keduduka, Tugas Fungsi dan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Departemen Agama.

Kepmenpan No 63 tahun 2003, tentang Pelayanan Publik

Peraturan Bersama Menteri No. 9 dan 8 tahun 2006

PMA No. 16 tahun 2010, tentang Pengelolaan Pendidikan Agama di Sekolah.

Rencana Strategis KementerianAgama Tahun 2015-2019.
Published
2018-07-25
How to Cite
ARAFAH, Sitti. PELAYANAN KEMENTERIAN AGAMA TERHADAP UMAT MINORITAS DI KOTA PALU. Penamas, [S.l.], v. 31, n. 1, p. 227-242, july 2018. ISSN 2502-7891. Available at: <http://blajakarta.kemenag.go.id/journal/index.php/penamas/article/view/191>. Date accessed: 14 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.31330/penamas.v31i1.191.