IMPLEMENTASI KEBIJAKAN FULL DAY SCHOOL PADA MADRASAH DAN SEKOLAH DI KOTA PALU

  • Muhammad Rais Balai Litbang Agama Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realitas sosial yang saat ini cukup menyita perhatian publik, bahkan polemik yang berkepanjangan terkait kebijakan ini menggiring publik dalam pusaran keterbelahan sosial, antara yang menolak dan yang menerima, berkenaan dengan kebijakan lima hari sekolah (LHS) atau fullday school yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan memanfaatkan pendekatan eksploratif, melalui penelitian kualitatif ini,  data dan informasi dikumpulkan dengan menggunakan beberapa teknik, diantaranya wawancara mendalam, dan observasi dan studi dokumen yang dimiliki oleh para informan kunci, meliputi: Kepala Sekolah/madrasa, pengawas, guru, dan orang tua siswa. Melalui penelitian ini, ditemukan beberapa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri, Sekolah Menengah Atas Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri yang secara progresif telah menerapkan kebijakan fullday school ini. Namun, sayangnya, ketidakpastian telah menghadang proses penerapan ini, baik ketidakpastian dari sisi landasan hukumnya, ketidakjelasan arah dan tujuan yang ingin dicapai, kesiapan guru, kurikulum, dan perangka pembelajaran, serta minimnya dukungan dari sisi infrastruktur dan fasilitas pendidikan lainnya. Dan, yang paling krusial adalah terbelahnya publik di Kota Palu, baik diinternal sekolah maupun di masyarakat secara makro, antara yang merespon dengan positif maupun yang merespon secara negative kebijakan lima hari sekolah ini, yang ditengarai oleh masyarakat sebagai dampak dari ketidakmatangan proses penyusunan kebijakan yang cenderung sangat elitis dan bias masyarakat urban ini.

References

Creswell, John, W. 2016. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih di antara Lima Pendekatan (Terj), Jakarta: Pustaka Pelajar

Daymon, Christine dan Immy Holloway, 2008. Qualitative Research Methods in Public Relatios and Marketing Communication, diterj. Cahyawiratama: Metode-Metode Riset Kualitatif dalam Public Relations dan Marketing Communication, Yogyakarta: Bentang

Dye, Thomas R, 1981. Understanding Public Policy, New Jersey: Prentice Hall

Echols, John M. and Shadily, Hassan. 1976. Kamus Inggris-Indonesia, cet.XXVI. Jakarta, PT Gramedia Pustaka.

Fattah, Nanang, 2013. Analisis Kebijakan Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Lele, Gabriel, 2016. Pengelolaan Konflik dalam Kebijakan Publik, dalam AG. Subarsono (ed) Kebijakan Publik dan Pemerintahan Kolaboratif: Isu-Isu Kontemporer, Yogyakarta: Gava Media.

Miles, Matthew dan A. Michael Huberman, 1999. Qualitative Data Analysis diterj. Tjetjep Rohendi Rohadi, Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru, Jakarta: UI Press

Mulyana, Rohmat, 2009. Spektrum Pembangunan Madrasah, Semarang: CV. Aneka Ilmu

Parsons, Wayne, 2006. Public Policy: Pengantar Teori dan Praktik Analisis Kebijakan, diterj. Tri Wibowo Budi Santoso: Public Policy An Introduction to The Theory and Practice of Policy Analysis, Jakarta: Kencana Prenada Media

Prasojo, Eko, 2009. Reformasi Kedua: Melanjutkan Estafet Reformasi, Jakarta: Salemba Humanika

Subarno, AG, 2008. Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suharto, Edi, 2006. Analisis Kebijakan Publik: Panduan Praktis Mengkaji Masalah dan Kebijakan Sosial, Bandung: Alfabeta

Sulistyaningsih, Wiwik. 2008. Full Day School dan Optimalisasi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Paradigma Indonesia.

Widodo, Joko, 2008. Analisis Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik, Malang: Bayumedia
Published
2018-07-25
How to Cite
RAIS, Muhammad. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN FULL DAY SCHOOL PADA MADRASAH DAN SEKOLAH DI KOTA PALU. Penamas, [S.l.], v. 31, n. 1, p. 29-46, july 2018. ISSN 2502-7891. Available at: <http://blajakarta.kemenag.go.id/journal/index.php/penamas/article/view/189>. Date accessed: 14 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.31330/penamas.v31i1.189.