­Top Banner Advertisement

Profesor Riset Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Bertambah

BLAJakarta - Pada  15 November 2018, Balai Litbang Agama Makassar bekerja sama  dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI),  menyelenggarakan kegiatan “Orasi Pengukuhan Profesor Riset”  terhadap tiga orang peneliti utamanya, yaitu; Dr. H.M Hamdar Arraiyyah, M.Ag, Dr. H. Abdul Kadir Ahmad, M.S dan Dr. H. Arifuddin Ismail, M.Pd.  

Acara pengukuhan yang dilakukan di  Hotel Clario Makassar ini dihadiri oleh Majelis Pengukuhan Profesor Riset dari LIPI dan Kementerian Agama RI, Rektor UIN/IAIN di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Kepala Pusat di lingkungan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI,  perwakilan Sekretariat Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, keluarga besar Balai Litbang Agama Makassar, dan Semarang, Balai Diklat Keagamaan Makassar, pimpinan ormas keagamaan di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, akademisi, intelektual dan berbagai elemen masyarakat ilmiah yang sengaja diundang khusus oleh panitia.  Sedangkan perwakilan Balai Litbang Agama Jakarta yang hadir di acara ini  adalah Dr. Nurudin, S.Pd.I, M.Si (Kepala Balai Litbang Agama Jakarta), Dra. Hj. Sumarsih Anwar, M.Pd (peneliti bidang pendidikan), Saeful Bahri, S.Ag (peneliti bidang lektur) dan  Ismail, S.Ag (peneliti bidang keagamaan).

Prosesi orasi dan pengukuhan tersebut berjalan lancar, di mulai pukul 09.00 WIT dan berakhir pada pukul 12.00 WIT. Dr. H.M Hamdar Arraiyyah, M.Ag pertama kali menyampaikan orasi ilmiahnya (Bidang Agama dan Tradisi Keagamaan) dengan mengangkat tema: “Kontribusi Ulama pada Pengembangan Lektur Keagamaan Kontemporer bidang Tafsir Al-Quran di Indonesia”. Setelah itu, Dr. H. Abdul Kadir Ahmad, M.S menyampaikan orasi ilmiahnya ( Bidang Agama dan Masyarakat) dengan tema: “Islam Kultural di Sulawesi Selatan; Keselarasan Islam dan Budaya". Sedangkan di bagian akhir, Dr. H. Arifuddin Ismail, M.Pd menyampaikan orasi ilmiahnya (Bidang Agama dan Tradisi Keagamaan) dengan tema: “Radikalisme dalam Masyarakat Islam Indonesia; Solusi Alternatif Pencegahannya melalui Pesantren”.

Pada kesempatan ini, Kepala Balai Litbang Agama Jakarta, mengucapkan selamat dan bangga  atas dikukuhkannya tiga Ahli Peneliti Utama Balai Litbang Agama Makassar  menjadi Profesor Riset. “Semoga pengkukuhan ini menjadi pemicu bagi peneliti lain di Kementerian Agama.  Dan saya  mengharapkan semoga  dalam waktu dekat akan lahir Profesor Riset lainnya dengan kepakaran atau spesialiasi  di bidang keagamaan yang memiliki prestasi tingkat dunia, sehingga kita akan menjadi barometer dan kiblat dunia Internasional penelitian bidang keagamaan,” kata Dr. Nurudin, S.Pd.I, M.Si. Teks; Ismail,Aris/Foto: Ismail

tag 1 tag 2 test lorem
  • Comments

0 Comments:

Scroll to Top