­Top Banner Advertisement

Penelitian Sosial Keagamaan Sangat Bermanfaat Bagi Pembangunan Masyarakat Desa

BLAJakarta - Penciptaan dan pengembangan desa yang demokratis, sejahtera, dan mandiri merupakan esensi dari UU No. 6/2014 tentang Desa. Negara melalui Dirjen Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kementerian Desa (saat ini PPMD di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri),  mendukung perwujudan amanat undang-undang tersebut dengan mengalirkan dana ke desa-desa di Indonesia melalui Program Inovasi Desa. Program ini sudah berjalan sejak 2015.

Profesor Riset Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Bertambah

BLAJakarta - Pada  15 November 2018, Balai Litbang Agama Makassar bekerja sama  dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI),  menyelenggarakan kegiatan “Orasi Pengukuhan Profesor Riset”  terhadap tiga orang peneliti utamanya, yaitu; Dr. H.M Hamdar Arraiyyah, M.Ag, Dr. H. Abdul Kadir Ahmad, M.S dan Dr. H. Arifuddin Ismail, M.Pd.  

Raudhatul Athfal Di Indonesia Bagian Barat Siap Bila Dinegerikan

BLAJakarta - Hasil penelitian Need Assessment Penegerian Raudhatul Athfal (RA) di 10 propinsi di Indonesia Bagian Barat yang dilakukan Balai Litbang Agama Jakarta, Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan pertengahan 2018 lalu menyimpulkan bahwa mayoritas RA setuju terhadap status penegerian, khususnya RA yang dikelola Dharma Wanita. Hal ini disampaikan tim penelitian saat kegiatan Seminar Hasil Penelitian beberapa waktu lalu di Bekasi. Seminar ini dibuka oleh Kepala Balai Litbang Agama Jakarta, Dr. Nurudin, S.Pd.I, M.Si. didampingi Dr. H.

Siapa Menyayangi Yang Di Bumi, Akan Disayang Yang Di Langit

BLAJakarta- “Apa yang tidak bernilai baik menurut budaya (tradisi ritual contohnya - red.), pasti tidak bernilai baik juga menurut agama," tutur Dr Pudentia, MPSs, Ketua Asosiasi Tradisi Lisan sekaligus pengajar pada Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, saat memberikan pandangan dalam Seminar Hasil Penelitian Tradisi Ritual Keagamaan di Masyarakat yang diselenggarakan oleh Balai Litbang Agama (BLA) Jakarta. Menurutnya, tradisi itu merupakan warisan budaya dan peristiwa sosial kemasyarakatan.

Menapak Jejak Intelektualisme Ulama Minangkabau

BLAJakarta- Salah satu kegiatan penelitian yang dilakukan Balai Litbang Agama Jakarta (BLAJ) bidang Lektur dan Khazanah Keagamaan pada 2018 adalah melakukan pendataan manuskrip keagamaan. Baik yang masih disimpan perorangan maupun koleksi lembaga. Kegiatan ini bertujuan menghimpun data dan informasi awal mengenai keberadaan manuskrip keagamaan.

Penelitian Need Assessment Penegerian Raudhatul Athfal di Medan dan Deliserdang, Sumatera Utara

BLAJ - Tumbuh kembang anak, terutama pada usia 4-6 tahun (Golden Age) sangat menentukan arah pertumbuhan anak. Karena itu, pendidikan dasar anak di TK (Taman Kanak-kanak) dan RA (Raudhatul Athfal) ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Namun, disayangkan hingga saat ini, RA dibawah Kementerian Agama belum ada satupun yang berstatus negeri. Sedangkan TK dengan status negeri di Indonesia sudah 3.207 lembaga (data Kemdikbud, Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta, tahun 2017).

Penerimaan CPNS 2018 di Balai Litbang Agama Jakarta

Seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 di seluruh kementerian/lembaga dibuka sejak Rabu (19/8) lalu, termasuk Kementerian Agama. Formasi yang ditetapkan bagi Kemenag tahun ini adalah jumlah terbesar di antara 76 kementerian/lembaga di Indonesia yang melaksanakan rekrutmen CPNS 2018.

Balai Litbang Agama Jakarta yang merupakan bagian struktur Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama membuka 2 fromasi (Peneliti Ahli Pertama dan Pranata Komputer Ahli Pertama) dengan alokasi masing-masing 1 orang.

Serah Terima Jabatan Kepala Balai Litbang Agama Jakarta

Sebagai tindak lanjut dari pelantikan pejabat struktural lingkup Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, pada Selasa (25/09) lalu, dilakukan Serah Terima Jabatan Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta (BLAJ) dari Dr. H. Muhammad Adlin Sila, M.A., Ph.D, kepada Dr. Nurudin, S.Pd.I., M.Si. Sertijab dilakukan di Lantai 3, kantor Balai Litbang Agama Jakarta, Cakung-Jakarta Timur. Disaksikan oleh Rizky Riyadu Taufiq, S.Th.I., M.A (Kasubag Tata Usaha BLA Jakarta), H. Fachrudin, S.Kom.

Soft Launching Katalog Naskah Keagamaan Cirebon Volume 1

BLAJ, CIREBON--Awal Mei 2018, Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta meluncurkan Katalog Naskah Keagamaan Cirebon Volume 1. Peluncuran perdana buku ini dlakukan oleh Kepala Badan Litbang Kemenag RI, Abdurrahman Mas'ud, di Hotel Prima Cirebon, Selasa (8/5) lalu. Penyerahan simbolik Katalog Naskah Keagamaan Cirebon Volume 1 diberikan Abdurrahman Mas'ud pada Ratu Raja Arimbi Nurtina dari Keraton Kanoman Cirebon.

Pages

Scroll to Top