­Top Banner Advertisement

Penelitian Sosial Keagamaan Sangat Bermanfaat Bagi Pembangunan Masyarakat Desa

BLAJakarta - Penciptaan dan pengembangan desa yang demokratis, sejahtera, dan mandiri merupakan esensi dari UU No. 6/2014 tentang Desa. Negara melalui Dirjen Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kementerian Desa (saat ini PPMD di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri),  mendukung perwujudan amanat undang-undang tersebut dengan mengalirkan dana ke desa-desa di Indonesia melalui Program Inovasi Desa. Program ini sudah berjalan sejak 2015.

Profesor Riset Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Bertambah

BLAJakarta - Pada  15 November 2018, Balai Litbang Agama Makassar bekerja sama  dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI),  menyelenggarakan kegiatan “Orasi Pengukuhan Profesor Riset”  terhadap tiga orang peneliti utamanya, yaitu; Dr. H.M Hamdar Arraiyyah, M.Ag, Dr. H. Abdul Kadir Ahmad, M.S dan Dr. H. Arifuddin Ismail, M.Pd.  

Siapa Menyayangi Yang Di Bumi, Akan Disayang Yang Di Langit

BLAJakarta- “Apa yang tidak bernilai baik menurut budaya (tradisi ritual contohnya - red.), pasti tidak bernilai baik juga menurut agama," tutur Dr Pudentia, MPSs, Ketua Asosiasi Tradisi Lisan sekaligus pengajar pada Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, saat memberikan pandangan dalam Seminar Hasil Penelitian Tradisi Ritual Keagamaan di Masyarakat yang diselenggarakan oleh Balai Litbang Agama (BLA) Jakarta. Menurutnya, tradisi itu merupakan warisan budaya dan peristiwa sosial kemasyarakatan.

Serah Terima Jabatan Kepala Balai Litbang Agama Jakarta

Sebagai tindak lanjut dari pelantikan pejabat struktural lingkup Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, pada Selasa (25/09) lalu, dilakukan Serah Terima Jabatan Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta (BLAJ) dari Dr. H. Muhammad Adlin Sila, M.A., Ph.D, kepada Dr. Nurudin, S.Pd.I., M.Si. Sertijab dilakukan di Lantai 3, kantor Balai Litbang Agama Jakarta, Cakung-Jakarta Timur. Disaksikan oleh Rizky Riyadu Taufiq, S.Th.I., M.A (Kasubag Tata Usaha BLA Jakarta), H. Fachrudin, S.Kom.

Puslitbang Lektur Jajaki Manuskrip Bencana Alam di Banten

BLAJ,JAKARTA--Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi berkesempatan menjajaki kajian tematik keagamaan nusantara yang difokuskan pada tema benca alam di Banten. Tim peneliti LKKMO diwakili oleh Drs. Huriyudin dan Ali Fahrudin, MA., Kegiatan penjajakan dilakukan di UIN Sultan Maulana Hasanudin dengan tujuan penulisan buku tentang bencana alam dalam persperktif Filologis dan Teologis yang akan disusun oleh Puslitbang LKKMO.

Raker Agen Perubahan Balitbang Diklat Kemenag RI

BLAJ,BEKASI--Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama menggelar kegiatan penyusunan rencana kerja agen perubahan. Kegiatan ini berlangsung tiga hari, 2 - 4 Mei 2018 di Bekasi.

Acara ini diikuti para agen perubahan yang berasal dari pegawai/pejabat terpilih dari masing-masing satuan kerja di lingkungan Balitbang dan Diklat. Mereka telah terpilih pada awal Januari 2018 dan telah dikukuhkan oleh Menteri Agama pada 7 Maret 2018 di Bogor.

Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan akan Gelar Survei Integritas Siswa

BLAJ, JAKARTA-- Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan (Penda) tahun ini menyelenggarakan survei integritas siswa. Survei akan dilakukan di 34 Provinsi.
"Survei ini akan mengukur keberhasilan pendidikan dalam pengembangan karakter siswa," kata Kapuslitbang Penda Amsal Bakhtiar dalam rapat persiapan pelaksanaan survei integritas akhir Maret lalu. Penelitian ini dilaksanakan bulan April - Mei 2018.

Bedah Buku Pesantren Pluralis

BLAJ,JAKARTA--Balai Penelitian dan Pengembangan Agama (BLA) Jakarta menyelenggarakan beda buku “Pesantren Pluralis Peran Pesantren Ngalah dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Pluralisme di Tengah Masyarakat yang Multikultural” karya Dr. M. Muntahibun Nafis, M.Ag., bertempat di Hotel Sofyan Betawi, Jakarta, Jumat (6/4).

Festival Alquran dan Pameran Khazanah Islam Nusantara

BLAJ, KUDUS--Badan Litbang dan Diklat terus berupaya mensyiarkan Alquran agar masyarakat semakin dekat dan cinta terhadap kitab suci Alquran sehingga mampu mengamalkan isi kandungannya.
Pernyataan ini disampaikan Kepala Badan Litbang dan Diklat (Kaban) Abd. Rahman Mas’ud saat pembukaan Festival Alquran, Pameran Khazanah Islam Nusantara dan Parade Benteng Pancasila di Kudus, Sabtu (05/05). Festival ini mengangkat tema: Menguduskan Qur'an Menebar Kedamaian.

Pages

Scroll to Top